Lihat Semua Artikel

Menikmati Asyiknya Pendakian Menuju Puncak Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan salah satu obyek wisata andalan di Dataran Tinggi Dieng, atau yang biasa orang sebut dengan nama Dieng Plateau.

Bukit ini terletak di Desa Sembungan, sebuah Desa tertinggi di Pulau Jawa, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Pemandangan di atas bukit yang indah membuat Bukit Sikunir ramai dikunjungi wisatawan setiap minggunya.

Siluet manusia memadati Bukit Sikunir Dieng
Siluet manusia memadati Bukit Sikunir Dieng

Golden Sunrise Sikunir

Apalagi yang diincar wisatawan di Bukit Sikunir kalau bukan penampakan spot sunrisenya yang mempesona. Wisatawan lokal dan mancanegara berbondong-bondong menyaksikan sunrise Bukit Sikunir yang terkenal.

Bagaimana tidak, dari Bukit Sikunir pengunjung bisa melihat sunrise berwarna jingga keemasan yang sangat indah yang dijuluki Golden Sunrise.

Foto golden sunrise di Sikunir
Foto golden sunrise di Sikunir

Golden Sunrise Bukit Sikunir disebut-sebut sebagai spot sunrise terbaik dan terindah se-Asia Tenggara. Semburat jingga keemasan Golden Sunrise Sikunir yang muncul malu-malu dibalik awan dan kabut pagi inilah yang menjadi daya tarik pemburu sunrise dan pecinta fotografi.

Mereka, para wisatawan rela bangun pada dini hari yang dingin dan berkabut untuk melakukan pendakian Bukit Sikunir yang terjal demi kepuasan mendapatkan spot Golden Sunrise Sikunir.

Telaga Cebong

Selain Golden sunrise yang eksotis, dari puncak Sikunir wisatawan juga dapat melihat lanskap pemandangan gunung-gunung di Jawa Tengah yang berjejer dengan gagahnya mengelilingi Dataran Tinggi Dieng yang berkabut.

Puncak Sikunir akan memanjakan Anda dengan pemandangan mempesona yang menenangkan jiwa. Yang juga tidak dapat dilewatkan adalah pemandangan perkebunan yang berjenjang indah serta telaga-telaga di Dataran Tinggi Dieng. Telaga yang terdekat dan paling jelas terlihat dari Bukit Sikunir adalah Telaga Cebong.

Pemandangan Telaga Cebong by Awik
Pemandangan Telaga Cebong, photo by Awik

Telaga Cebong yang letaknya masih di kawasan wisata Sikunir, Desa Sembungan ini letaknya tepat di kaki Bukit Sikunir. Jadi, saat perjalanan atau pendakian Bukit Sikunir, dari lereng Bukit Anda sudah dapat melihat Telaga Cebong yang airnya jernih serta bentuknya yang unik, yaitu menyerupai kecebong.

Pendakian Bukit Sikunir

Untuk mencapai Bukit Sikunir cukup mudah, Anda cukup menuju Desa Sembungan yang terletak di Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Desa Sembungan dijadikan sebagai titik awal perjalanan menuju Puncak Sikunir.

1. Memilih Penginapan Strategis

Agar tidak ketinggalan menyaksikan fenomena Golden Sunrise, Anda bisa menginap di penginapan atau homestay yang tersebar di sekitar Bukit Sikunir. Homestay atau penginapan di Sikunir cukup murah dengan fasilitas yang memadai.

Lihat Daftar Penginapan

Dari penginapan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Puncak Sikunir. Selain menginap di Homestay, wisatawan juga bisa menginap di rumah penduduk Desa Sembungan. Pada dini hari penduduk desa akan membangunkan Anda dan menuntun Anda untuk melakukan pendakian Bukit Sikunir.

2. Mendirikan Tenda di Telaga Cebong

Ada juga wisatawan yang memiliki mendirikan kemah di tepi Telaga Cebong jika sanggup menahan hawa dingin daerah ini karena pada musim kemarau suhu udara daerah ini bisa sekian minus derajat.

Bagi wisatawan yang tidak membawa cukup perlengkapan kemping atau wisatawan yang mudah terkena hipotermia.

Untuk itu kemping di Telaga Cebong tidak disarankan. Bagi sebagian wisatawan mereka lebih memilih tidur di dalam kendaraan mereka ketimbang camping.

Pesan Paket Camping Sikunir

3. Perjalanan Menuju Puncak Sikunir

Cukup mudah untuk mencapai obyek wisata Bukit Sikunir Dieng. Dari alun-alun Wonosobo Anda bisa memulai perjalanan ke arah Dataran Tinggi Dieng sekitar 50 menit dengan kendaraan. Jika sudah berada di Dieng, lanjutkan perjalanan ke arah Desa Sembungan.

Tidak terlalu jauh, jaraknya hanya sekitar 4 km. Butuh waktu 15 menit untuk mencapai Desa Sembungan karena jalan yang dilalui berkelok-kelok dan agak menanjak sehingga tidak bisa dilalui dengan kecepatan tinggi.

Setelah 15 menit, Anda akan berjumpa dengan gapura mirip candi dengan tulisan "Welcome to SEMBUNGAN VILLAGE". Ini artinya Anda telah memasuki Kawasan Wisata Bukit Sikunir Dieng.

Parkirkan kendaraan Anda di area parkir dekat Telaga Cebong. Setelah itu belilah tiket masuk obyek wisata Bukit Sikunir sebesar Rp5.000,00 per-orang.

4. Beristirahat Sejenak..

Bagi Anda sampai siang hari dan telah memesan penginapan atau homestay di sekitar Sikunir bisa langsung beristirahat. Atau jika tidak lelah Anda juga berwisata sejenak ke Telaga Cebong atau Air Terjun Sikarim sebelum melakukan pendakian pada esok dini harinya. Kedua obyek wisata ini dekat dengan Bukit Sikunir.

Foto Pemandangan Air Terjun Sikarim
Foto pemandangan Air Terjun Sikarim

5. Menikmati Golden Sunrise

Setelah beristirahat, tibalah waktunya untuk melakukan pendakian Bukit Sikunir. Waktu yang baik untuk mulai mendaki Bukit Sikunir agar dapat melihat Golden Sunrise Sikunir saat fajar menyingsing adalah pada dini hari atau sekitar jam 03.00.

Jangan lupa menggunakan baju hangat karena pada dini hari suhu udara Sikunir sangat rendah. Suasananya juga masih gelap, jadi penerangan sangat dibutuhkan untuk menerangi pendakian Anda.

Kesimpulan

Star awal pendakian ke Puncak Sikunir adalah di parkiran dekat Telaga Cebong. Jarak dari parkiran Bukit Sikunir tergolong pendek, yaitu 1 km.

Jarak ini bisa ditempuh dengan waktu 30 menit hingga 1 jam pendakian. Jalan setapak menuju puncak menanjak dengan jurang curam di kiri-kanannya yang mengharusnya untuk berhati-hati, apalagi dengan penerangan yang tidak memadai.

1 km yang dilewati takkan terasa melelahkan saat semangat untuk melihat Golden Sunrise menggelora. Euforia menyaksikan detik-detik munculnya Sang Raja Siang dari balik awan akan terlihat di wajah para pengunjung yang antusias.

Sungguh keindahan yang luar biasa!