Lihat Semua Artikel

3 Pilihan Angkutan Umum dari Wonosobo ke Dieng

Transportasi umum dari Kota Wonosobo ke Dieng tidaklah sulit dicari. Ada 3 jenis angkutan umum yang bisa digunakan bagi wisatawan dari Wonosobo ke Dieng, antara lain: shuttle bus dengan jurusan Wonosobo-Batur, kemudian Taksi DNA (jenis mobilnya Avanza dan Xenia) dan jasa ojek.

Di bawah ini detail informasi tiga transportasi umum yang bisa digunakan wisatawan dari Kota Wonosobo menuju Dieng, lengkap dengan kekurangan maupun kelebihannya masing-masing.

Shuttle Bus atau Microbus

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan tentunya masih asing dengan istilah microbus. Microbus merupakan sebutan mini bus yang memiliki tempat duduk berjumlah 17 kursi bermesin ELF akan tetapi berbeda style body nya. Microbus memiliki ruangan lebih tinggi dan penumpang bisa berdiri leluasa.

Jenis kendaraan microbus ini biasa digunakan sebagai angkutan umum di wilayah-wilayah tertentu, termasuk sebagai sarana angkutan umum Wonosobo ke Dieng.

Foto persewaan microbus tujuan Dieng
Foto persewaan microbus tujuan Dieng

Tidak hanya sebagai sarana angkutan umum penduduk lokal Dieng saja, kini microbus sudah kerap sekali hilir mudik membawa para wisatawan dari luar daerah.

Jalan Wonosobo Dieng memiliki lajur panjang menanjak dan menikung sehingga bus medium atau bus pariwisata besar tidak bisa masuk hingga kawasan wisata Dieng. Sehingga, rombongan atau wisatawan group hanya bisa sampai di Kota Wonosobo saja dan harus melanjutkan perjalan dengan mengendarai transportasi umum microbus Wonosobo-Dieng.

Dalam hal ini transportasi microbus tersebut telah disewa oleh pihak terkait seharian untuk berkeliling Dieng dengan biaya sewa mulai dari Rp650.000 per tanggal.

Paket Wisata Dieng dan Sikunir

Berbeda dengan para backpacker yang senang berpetualang, atau wisatawan yang tidak menggunakan kendaraan sendiri dan telah tiba di Wonosobo juga bisa menggunakan angkutan umum microbus. Angkutan umum microbus jurusan Wonosobo-Dieng adalah alternatif tepat transportasi Wonosobo Dieng.

Keuntungan Menggunakan Microbus

Kelebihan menaiki transportasi microbus ini karena harganya sangat terjangkau. Hanya dengan Rp15.000 saja penumpang bisa menikmati perjalanan Wonosobo-Dieng sepanjang 26 km dan kurang lebih menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Kekurangan Menggunakan Angkutan Microbus

Adapun kelemahan menggunakan transportasi umum microbus Wonosobo-Dieng ialah waktu operasinya sangat terbatas yaitu hanya dari pukul 05.00 pagi hari hingga 17.00 sore.

Kemudian sama saja dengan angkutan umum lainnya yaitu soal waktu, waktu tempuh Wonosobo-Dieng akan lebih lama dari pada menggunakan kendaraan pribadi karena banyak berhenti di banyak titik untuk mencari penumpang hingga microbus terisi penuh.

Anda harus rela berdesak-desakan dengan penumpang lain saat di dalam kendaraan dan bahkan terkadang tidak bisa mendapatkan jatah tempat duduk.

Transportasi umum microbus ini juga tidak melewati masing-masing obyek wisata Dieng jadi setibanya di Dieng Anda harus berjalan kaki atau menyewa ojek untuk berkeliling mengunjungi masing-masing obyek wisata yang ada di dataran tinggi Dieng.

Taksi DNA

Kini Wonosobo telah memiliki angkutan umum yang biasanya juga di temukan di kota-kota besar yaitu munculnya sebuah perusahaan jasa transportasi taksi. Taksi mulai dikenal di Wonosobo sejak tahun 2015 lalu dengan nama DNA Taksi.

Jenis taksi DNA bisa wisatawan gunakan sebagai sarana transportasi Wonosobo Dieng. Perlu Anda ketahui, jenis mobil taksi DNA bukanlah tipe Sedan akan tetapi mobil sejenis Avanza atau Xenia dengan kapasitas penumpang 3 hingga 4 orang.

Keuntungan Menggunakan DNA

Taksi DNA beroperasi selama 24 jam, jadi baik pagi, sore, siang malam masih bisa didapatkan saat para wisatawan membutuhkan sarana transportasi dari Wonosobo menuju Dieng. Taksi DNA bisa Anda temukan di sekitaran Plasa Wonosobo atau di depan Hotel Kresna Wonosobo.

Transportasi ini juga bisa mengantar Anda hingga ke masing-masing obyek wisata tanpa harus berganti transportasi lagi dan memakan waktu tidak terlalu lama di perjalanan.

Kekurangan Menggunakan Angkutan DNA

Kelemahan memilih angkutan umum berjenis taksi ialah masalah harga dan tentunya tidak cocok dengan kantong para backpacker Dieng. Satu kali jalan dari Wonosobo-Dieng dapat menghabiskan kurang lebih Rp200.000.

Ojek

Naik ojek ke Dieng adalah solusi angkutan umum dari Wonosobo ke Dieng yang bisa digunakan sebagai alternatif tepat untuk wisatawan yang masih merasa bingung ketika sampai di Kota Wonosobo.

Ojek memang mudah didapatkan dan hampir setiap titik keramaian seperti pasar, terminal dan lain sebagainya. Ojek ini juga bisa dimanfaatkan sebagai transportasi menuju obyek wisata Dieng dari Kota Wonosobo.

Keuntungan Menggunakan Ojek

Dengan menggunakan ojek perjalanan menuju Dieng tentunya akan lebih menyenangkan karena bisa berpapasan langsung dengan udara dan alam pegunungan. Dengan menggunakan ojek, Anda juga bisa berhenti disembarang tempat untuk sekedar memotret landscape lembah Dieng.

Tidak hanya mengantarkan dari Wonosobo-Dieng saja, ojek ini bisa juga mengantar wisatawan mengunjungi masing-masing tempat wisata di Dieng.

Kekurangan Menggunakan Angkutan Ojek

Biaya menggunakan jasa ojek memang terbilang agak mahal yaitu bisa mencapai Rp250.000 untuk sekali pulang pergi dan tergantung waktunya juga.

Untuk siang sampai sore hari harganya masih standar. Namun pada malam hari, harga ojek akan lebih mahal, bisa mencapai Rp100.000 lebih hanya antar dari Wonosobo-Dieng.

Kelemahan lainnya ketika lebih memilih jasa ojek yaitu tidak nyaman ketika musim hujan.