Lihat Semua Artikel

11 Daftar Tempat Wisata Dieng yang Paling Bagus, Hits dan Kekinian

Wisata di Dieng seakan tak pernah sepi dari serbuan para pengujung setiap harinya. Terhitung setiap tahun tempat wisata dieng semakin maju dan bertambah ramai dari para wisatawan.

Dieng Plateau aka Dataran Tinggi Dieng adalah sebuah tempat yang berada letaknya tepat di bawah kaki-kaki Gunung yang indah tentu menjadi alasan utama para wisatawan berkunjung.

Dieng Plateau terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Wonosobo meliputi Dieng Kulon, Kali Lembu, Patak Banteng dan Jujugan. Sedangkan di Banjarnegara meliputi Dieng Kulon, Karang Sari Dukuh, Kepakisan, Kasiran, Simpangan, Pawuan dan Karang Tengah.

Ada banyak daftar tempat wisata Dieng yang bagus sebagai destinasi foto sekaligus menjadi rekomendasi kami. Umumnya, wisata di Dieng terbagi dari satu titik ke titik lainnya, maka dari itu disarankan anda membawa kendaraan sendiri ataupun menyewa transportasi khusus untuk wisata.

Jika Anda tidak ingin repot memikirkan destinasi dan transportasi, kami telah menyediakan layanan paket wisata Dieng yang ditangani langsung oleh tim profesional. Di bawah ini sudah kami rangkum 11 daftar tempat wisata Dieng yang paling bagus dan sangat Instagramable.

Gunung Prau

Salah satu obyek wisata Dieng, sekaligus gunung terindah di Indonesia yang wajib dikunjungi oleh para pendaki. Puncaknya yang paling terkenal adalah Bukit Telletubies dengan ciri khasnya yaitu gundukan-gundukan kecil yang melintang.

Pada saat cuaca cerah, pendaki disuguhi tiga pemandangan gunung sekaligus, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Merapi. Bahkan jika Anda sedang beruntung, Anda bisa menikmati panorama galaksi milky way!

Suasana romantis di Gunung Prau
Suasana romantis di Gunung Prau, IG @pertiwirahmadan

Gunung yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl ini adalah obyek wisata di Dieng Plateau andalah wisatawan dari luar daerah. Di sekitar saat perjalanan, Anda akan menemukan banyak bunga daysi, pepohonan rimbun dan landscape yang sangat indah.

Bukit Sikunir

Bukit ini terletak di Desa Sembungan, sebuah Desa tertinggi di Pulau Jawa. Menawarkan keindahan Golden Sunrise dan pemandangan menakjubkan lainnya, salah satu tempat wisata Dieng yang paling bagus bahkan untuk fotografi. Lebih lengkap tentang Bukit Sikunir.

Foto golden sunrise di Sikunir
Foto golden sunrise di Sikunir

Golden Sunrise di sini digadang-gadang menjadi lanskap terbaik se-Asia Tenggara. Lautan awan dengan latar belakang Gunung Sindoro tentu menambah keindahan bukit ini. Untuk pengalaman yang lebih menyenangkan, kami juga telah menyediakan penginapan di Sikunir dengan fasilitas lengkap dan harga yang sangat terjangkau.

Bukit Skoter

Jika di Bukit Sikunir Anda bisa menikmati Golden Sunrise dengan latar belakang Gunung Sindoro, di Bukit Skoter Anda bisa melihat sunset dengan latar belakang Gunung Pakuwaja. Bukit ini terletak di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pemandangan Bukit Skoter di Dieng
Pemandangan Bukit Skoter di Dieng

Bukit Skoter adalah tempat wisata di Dieng yang paling bagus untuk melihat lengkap landscape Dataran Tinggi Dieng secara utuh karena letak geografi yang sangat strategis.

Batu Ratapan Angin

Biasa disebut juga dengan Batu Pandang, terletak di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jika Anda tertarik untuk melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian, ini adalah destinasi wisata yang paling tepat!

Baca juga: Batu Ratapan Angin Dieng (Batu Pandang), Akses dan Perjalanan

Pemandangan Batu Pandang Ratapan Angin
Pemandangan Batu Pandang Ratapan Angin

Pemandangan di Bukit Ratapan Angin atau Batu Pandang akan terasa berbeda karena dikelilingi oleh bukit-bukit lain di sekitarnya, salah satu diantaranya adalah Bukit Sikunir.

Bukit Sidengkeng

Sama seperti Batu Pandang Ratapan Angin, di Bukit ini Anda bisa menikmati view obyek wisata Dieng yang lain dari ketinggian. Bukit Sidengkeng terletak di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Foto Pemandangan Telaga Warna via Bukit Sidengkeng
Foto Pemandangan Telaga Warna via Bukit Sidengkeng by Maretha

Sepanjang perjalanan, mata Anda akan disegarkan oleh pepohonan yang rimbun dan berbagai macam tumbuhan. Tidak salah jika Bukit Sidengkeng sering menjadi tempat destinasi wisata untuk melihat sunset di Dieng maupun tempat camping favorit.

Komplek Candi Arjuna

Candi Arjuna terletak di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Ini merupakan candi peninggalan kerajaan tertua di Indonesia.

Foto Komplek Candi Arjuna Dieng
Foto Komplek Candi Arjuna Dieng by Pegipegi

Terdapat 5 Candi disini yang masih berdiri tegak antara lain:

  • Candi Arjuna
  • Candi Puntadewa
  • Candi Semar
  • Candi Srikandi
  • Candi Sembadra

Destinasi ini memiliki sejarah yang belum dapat terpecahkan hingga sekarang. Sampai saat ini belum ada yang tahu siapa yang menamai candi-candi tersebut.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang terletak di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Salah satu dari daftar tempat wisata Dieng yang paling diminati oleh wisatawan. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri, terselip misteri yang sudah bukan rahasia lagi di kalangan masyarakat sekitar.

Foto Kawah Sikidang diambil pada tahun 2020
Foto Kawah Sikidang diambil pada tahun 2020

Kawah-kawah kecil di sekitar sering berpindah tempat dan loncat. Loncatan ini diibaratkan hewan Kijang/Kidang, oleh karena itu dinamakan tempat tersebut dengan nama Kawah Sikidang.

Telaga Warna

Telaga Warna terletak di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Merupakan salah satu ikon obyek wisata Dieng yang paling terkenal selain Candi Arjuna.

Foto Telaga Warna saat berwarna biru kehijauan
Foto Telaga Warna saat berwarna biru kehijauan

Telaga warna memiliki warna air yang kadang dapat berubah warna, ini di karenakan air di telaga warna mengandung unsur belerang (kandungan sulfur), dan di dasar telaga terdapat lumut. Pada siang hari, telaga ini akan nampak berwarna, namun uniknya, kadang warna dari telaga ini terbagi 2.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon terletak di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo,Jawa Tengah. Obyek wisata Dieng yang biasa juga dikenal dengan nama Telaga Kembar karena terbentuk dari kaledra kawah purba ribuan tahun yang lalu.

Beningnya air di Telaga Pengilon
Beningnya air di Telaga Pengilon

Beningnya air di Telaga pengilon bahkan dapat dijadikan Anda untuk tempat mengaca. Karena air yang sangat bening dan jernih, pada siang hari terkadang ikan-ikan akan terlihat dari daratan.

Tuk Bimo Lukar

Terletak di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Merupakan air mata suci Kali Serayu, mitos beredar bahwa air dari Tuk Bimo Lukar dapat membuat awet muda ketika dibilas di kulit.

Foto Tuk Bimo Lukar Dieng
Foto Tuk Bimo Lukar Dieng

Pancuran tuk ini terbuat dari batu purba dari umat Hindu kuno, sehingga beberapa kalangan masyarakat juga mempercayai air dari tuk ini bisa menyembuhkan penyakit jika meminumnya. Salah satu obyek wisata Dieng yang paling menarik untuk dikunjungi.

Museum Kailasa

Menyimpan benda-benda terpenting dalam sejarah Dieng seperti prasasti, arca kuno yang menyerupai dewa-dewa pada zaman dahulu. Museum Kailasa Terletak di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Foto Museum Kailasa
Foto Museum Kailasa

Museum Kailasa berdiri tegak dan berdekatan dengan Komplek Candi Arjuna. Memiliki 4 bangunan utama, dimana pada masing-masing bangunan memiliki koleksi benda unik yang berbeda-beda.