Lihat Semua Artikel

Candi Arjuna Dieng, Sebuah Wisata Budaya Bernilai Sejarah

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang sangat terkenal dengan wisata candi yang tersebar di beberapa wilayah. Anda mungkin sudah sangat akrab dengan Candi Borobudur yang merupakan kompleks candi terbesar di Indonesia.

Namun apakah Anda pernah mendengar Candi Arjuna yang terletak di dataran tinggi Dieng? Candi ini mulai menjadi salah satu obyek wisata andalan Dieng, Kabupaten Banjarnegara sejak tahun 2010.

Foto Komplek Candi Arjuna Dieng
Foto Komplek Candi Arjuna Dieng by Pegipegi

Sejarah Singkat Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah candi Hindu utama tertua di Jawa yang dipakai sebagai tempat persembahyangan untuk memuja Dewa Siwa, yang di sekitarnya juga didapati beberapa candi lain yaitu Candi Semar, Sembadra, Srikandi, dan Puntadewa.

Keunikan dari kompleks candi ini adalah penamaannya yang diambil dari tokoh pewayangan Mahabarata yang konon pernah bersinggah di kawasan ini.

Senja di kawasan Candi Arjuna Dieng
Senja di kawasan Candi Arjuna Dieng

Kawasan ini menawarkan eksotisme alam yang memanjakan mata sekaligus dataran tinggi dengan hawa yang sejuk menyegarkan. Saat Anda melihat sekeliling Anda akan menemui pemandangan gunung dan kepulan asap yang bersumber dari beberapa kawah vulkanik yang ada di kawasan Dieng.

Akses Wisata ke Candi Arjuna

Untuk sampai di tempat ini Anda dapat menggunakan jasa sewa angkutan untuk rombongan sehingga lebih disarankan untuk pergi bersama teman atau kerabat dekat sehingga lebih hemat.

Untuk urusan akomodasi juga tidak perlu dikhawatirkan karena sudah ada daftar homestay Dieng yang siap untuk dihuni. Jika Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengelilingi wisata Dieng, Anda dapat berkeliling ke beberapa tempat diantaranya:

  • Kompleks Candi Gatotkaca
  • Museum Kaliasa
  • Candi Bima
  • Kawah Sikidang
  • Telaga Warna

Jika Anda berkeliling di sekitar kompeks Candi Gatotkaca jangan lupa untuk mencoba mengedarai delman, transportasi khas di Jawa Tengah yang bisa Anda sewa untuk mengitari kawasan ini.

Paket Wisata Dieng dan Sikunir

Sediakan baju hangat untuk melawan dinginnya udara di Dieng. Para wisatawan dapat memanfaatkan waktu di pagi hari untuk melihat sunrise di atas gunung yang sangat menawan.

Setelah lelah berkeliling, Anda dapat mengisi perut yang kosong sekaligus mencoba oleh-oleh khas seperti kentang, buah carica, kerupuk Dieng, dan terung Belanda. Pemandangan kawasan pegunungan yang dihiasi deretan candi akan sayang untuk Anda lewatkan.