Lihat Semua Artikel

Si Kembar Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Telaga Warna, Telaga Pengilon - Apa yang terlintas dibenak kita ketika mendengar nama ini? Tentu sebuah telaga yang airnya berwarna-warni dan satu lagi merupakan telaga yang airnya sangat jernih.

Telaga Warna dan Telaga Pengilon Sikembar Yang Cantik Jelita merupakan dua telaga yang lokasinya berdampingan, terletak di desa Dieng Wonosobo.

Kedua telaga ini merupakan salah satu tujuan wisata di Dieng yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Keelokan Telaga Warna menjadi daya tarik yang luar bisa bagi wisatawan baik domestik maupun manca negara.

Dikelilingi hutan Akasia Decuren, Telaga Warna menjadi lokasi yang teduh dan menyimpan aura romantis, muda mudi dapat bergandengan tangan mengelilingi telaga sambil bercanda.

Foto Pemandangan Telaga Warna via Bukit Sidengkeng
Telaga Warna via Bukit Sidengkeng by Maretha

Dari kejauhan, arah barat nampak Bukit Sidengkeng. Di bawahnya terdapat kawah kecil yang diberi nama Sikendang karena kawah ini selalu mengeluarkan bunyi mirip alat musik kendang.

Fenomena Unik Telaga Warna

Selain menwarkan keindahan alam, telaga ini juga menyimpan keanehan tersendiri yaitu warnanya yang tekadang berubah sesuai dengan keadaan cuaca dan sinar matahari yang menyinari telaga.

Menurut beberapa ahli dibawah telaga ini terdapat banyak batu semacam kristal yang berasal dari letusan gunung masa lampau sehingga kalau tertimpa sinar matahari akan memantulkan warna-warna yang indah.

Jika cuaca agak mendung, airnya seperti dilapisi minyak dan memantulkan pepohonan yang ada disekitarnya dengan sangat sempurna.

Telaga Warna menyimpan banyak daya tarik lain, adalah air yang menurut beberapa kepercayaan termasuk air suci atau tirtayasa. Konon, banyak penduduk dari Pulau Bali yang mengambil air ini ketika akan melaksanakan upacara agung di Pulau Dewata tersebut.

Gua di Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Di perbatasan antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon terdapat beberapa beberapa gua, diantaranya; Gua Sumur, Gua Kendali Seto (Gua Jaran) dan Gua Semar yang di dalamya juga terdapat batu semar.

Foto Gua Semar Dieng
Foto Gua Semar, Dieng

Pada bagian atas gua-gua tersebut ditumbuhi pohon-pohon Akasia, yang juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri dimana beragam pohon dapat tumbuh di atas batu.

Akses ke Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Siapapun pasti akan terpesona saat datang ke Dieng dan masuk kewilayah telaga ini. Jika ingin melihat keajaiban yang pasti menyenangkan hati, maka lokasi pandang yang paling bagus adalah dari bukit Sidengkeng dan jalan diatas DPT (Dieng Plateau Theatre) yang menuju Power Plan.

Akses ini merupakan tempat yang agak tersembunyi dan dulunya digunakan oleh fotografer Belanda untuk mengabadikan gambar kedua telaga ini.

Tak jauh dari obyek wisata Telaga Warna dan Telaga Pengilon, banyak penginapan murah di Dieng dan Sikunir, jadi tak perlu khawatir lagi untuk mengunjungi Dieng kapan saja!