Lihat Semua Artikel

5 Tips Liburan Hemat ke Dieng Ala Backpacker

Banyak sekali konten yang mengulas tips liburan hemat ke Dieng ala backpacker, diantaranya adalah pengalaman perjalanan yang dilakukan sendirian, berkelompok atau bahkan dengan mengikuti paket tour Dieng.

Hal ini tentu layak dijadikan sebagai bahan referensi ketika ingin merencanakan perjalanan ke Dieng. Agar tidak membingungkan, berikut merupakan panduan hemat liburan ke Dieng yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi para traveller lain!

Dieng Backpacker
Dieng Backpacker by diengbackpacker.wordpress.com

1. Mencari Penginapan

Penginapan merupakan hal terpenting yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, Jika ingin menekan biaya semurah mungkin homestay ataupun rumah penduduk merupakan pilihan favorit untuk liburan ke Dieng ala backpacker.

Sebagai gambaran rata-rata tarif penginapan di Dieng berkisar antara 250.000-300.000 per malam sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Lihat Daftar Penginapan

Pastikan booking kebutuhan penginapan di Dieng jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan saat tiba di Dieng, disarankan untuk tidak booking dalam waktu mendadak terlebih saat musim liburan.

2. Menentukan Alat Transpotasi

Hal selanjutnya yang patut dipertimbangkan sebelum menuju Dieng adalah soal transportasi, karena sampai saat ini masih jarang ada kendaraan umum yang menjangkau tempat wisata.

Jika dari kota Yogyakarta ataupun Semarang harus ganti beberapa alat transportasi itupun hanya sampai di Dieng, belum mencapai tempat wisata.

Salah satu alternatif untuk menjelajah Dieng lebih leluasa adalah menggunakan jasa paket tour ataupun rental mobil. Biasanya penyedia tour sudah memberikan layanan penjemputan dari kota disekitar Jawa Tengah dan DIY sehingga biaya yang diperoleh lebih murah apalagi diikuti oleh banyak orang. Baca juga: 3 Pilihan Angkutan Umum dari Wonosobo ke Dieng.

3. Pilih Tempat Makan Sederhana

Selain penginapan dan alat transportasi, kebutuhan makan perlu diperhitungkan. Pilihlah tempat makan sederhana yang menawarkan menu sehat, di sekitar Dieng dan Wonsobo banyak tersedia pilihan tempat makan prasmanan murah yang cocok untuk kebutuhan backpacker.

4. Membuat Itinerary

Jika tidak mengikuti paket tour, buatlah itinerary perjalanan dan daftar tempat wisata Dieng yang ingin dikunjungi. Itinerary ini sangat penting untuk mengontrol biaya perjalanan sehingga tidak ada lagi istilah pembengkakan anggaran.

5. Melakukan Perjalanan Berkelompok

Rumus biaya perjalanan wisata adalah semakin banyak yang berangkat maka biaya yang dikeluarkan lebih murah jika dibandingkan dengan berangkat sendiri.

Ajak teman Anda untuk melakukan perjalanan backpacker ke Dieng, semakin banyak teman yang ikut maka biaya perjalanan lebih murah.

Semoga tips liburan hemat ke Dieng ala backpacker ini bermanfaat!